Rabu, 23 Juli 2014

Pesona Alam Nan Asri Wonosobo


Ke mana agenda liburanmu yang akan datang? Apakah kamu sudah merencanakan akan melancong ke suatu tempat? Bila kamu belum menentukan tujuan wisatamu, ada baiknya catat dalam agendamu: Wonosobo adalah tempat yang layak untuk dikunjungi.

Kenapa Wonosobo?


Kabupaten Wonosobo yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ternyata menyimpan banyak pesona keindahan alam. Sebut saja, dataran tinggi Dieng yang ketenarannya telah mendunia. Telaga Warna, juga tak luput dari sasaran tujuan wisata yang sering disinggahi para pelancong. Lalu apa lagi pesonanya? Selain pemandangan alam yang indah, daerah Wonosobo memiliki hawa sejuk dan dingin. Dan ini menjadi salah satu daya tarik kenapa banyak pelancong berkunjung ke sini.


Peta Kabupaten Wonosobo. Gambar dipinjam dari SINI

Lalu, apalagi yang menarik di Wonosobo?

Di sini juga terdapat Pemandian Mangli. Pemandian ini merupakan pemandian umum yang menyediakan kolam renang untuk anak-anak maupun orang dewasa. Airnya sangat segar karena dialirkan dari mata air yang terdapat di sekitarnya. Tak jauh dari tempat ini juga terdapat pabrik air mineral Aqua. Ada lagi Pemandian Kalianget, terletak di kawasan utara Wonosobo. Di sini terdapat kolam pemandian air hangat yang mengandung belerang.


Pemandian Mangli. Gambar dipinjam dari SINI


Pemandian Kalianget. Gambar dipinjam dari SINI

Hanya itu saja tempat wisatanya?

Masih ada lagi lho tempat yang wajib dikunjungi ketika melancong ke Wonosobo. Ada satu tempat bernama Telaga Menjer yang airnya masih bening. Di sini pelancong dapat berkeliling menikmati keindahan di sekjitar telaga dengan menggunakan rakit.


Telaga Menjer. Gambar dipinjam dari SINI
Lalu, perjalanan kita pun dapat diteruskan menuju perkebunan teh Tambi. Letaknya di utara Wonosobo, di bawah kaki gunung Sundoro. Di sekitar perkebunan teh ini banyak terdapat penginapan semacam bungalow. Jadi, tak perlu cemas bila ingin menginap di sini, kamu pun akan merasakan sejuknya hawa pegunungan di sekitar perkebunan teh Tambi.

Perkebunan teh Tambi. Gambar dipinjam dari SINI

Bagaimana caranya bisa sampai ke Wonosobo?

Untuk bisa ke Wonosobo, bisa melalui jalan darat maupun udara. Jalan darat bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api atau bus. Dari Jakarta ke Purwokerta naik kereta api lalu dari Purwokerto ke Wonosobo dilanjutkan dengan menggunakan bus.

Bila ingin melakukan perjalanan lewat udara, rute yang ditempuh dari Jakarta ke Yoyakarta. Lalu dari Yogyakarta ke Wonosobo dilanjutkan dengan menaiki bus atau travel. Lama perjalanan bisa ditempuh sekitar 3 jam untuk tiba di tempat.


Bila sudah berada di kota kecil Wonosobo, bisa berkeliling ke alun-alun Wonosobo. Tempat ini sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan rindang seperti pohon beringin. Di sekitarnya banyak penjaja makanan yang menjual beragam kuliner khas Wonosobo. Kita bisa menikmati jajanan  mie ongklok yang merupakan kuliner khas Wonosobo. Sambil ditiup semilir angin dan sejuknya udara sekitar, mungkin akan menghabiskan berapa mangkok mie ya saking nikmatnya? Hehe....


Alun-alun Wonosobo. Gambar dipinjam dari SINI

Wonosobo juga memiliki oleh-oleh kuliner khas. Apa itu? Adalah buah carica, yang mirip dengan buah pepaya. Dari buah ini dapat diolah menjadi sirup dan manisan carica. Untuk membeli oleh-oleh semacam ini tak sulit, banyak toko oleh-oleh yang menjual aneka makanan yang telah diolah. Seperti buah caraita, selain diolah menjadi sirup aneka rasa, diolah m,enjadi manisan, juga dibuat dodol. 

Nah.....tunggu apa lagi? Catat dalam agendamu, dan jadikan Wonosobo sebagai tujuan wisatamu selanjutnya.

Postingan artikel ini diikutsertakan dalam Giveaway #HariJadiWonosobo 189



Referensi:
www.liburkeluarga.com/destination/wonosobo-menjanjikan-beragam-objek-wisata



Pesona Kabut Belerang dan Eksotika Api Biru dari Kawah Ijen


Tak salah bila disebut bahwa Kabupaten Bondowoso menyimpan potensi wisata alam yang sangat mempesona. Keelokan pemandangannya sungguh luar biasa dan mengesankan. Kabupaten Bondowoso yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki sejumlah potensi wisata menakjubkan. Sebut saja Dataran Tinggi Dieng, Telaga Warna, dan masih banyak lagi.

Indahnya pemandangan alam yang disuguhkan alam Kabupaten Bondowoso membuat daerah ini banyak dikunjungi wisatawan. Setelah intip sana intip sini mencari-cari informasi di internet, aku pun memutuskan dan berangan-angan ingin ke sana suatu saat nanti. Hatiku tertambat pada "Kawah Ijen", suatu tempat yan ingin kukunjunhi kelak.

 

Kawah Ijen Nan Mempesona
Gambar dipinjam dari SINI

Ada apa dengan Kawah Ijen?

Salah satu tempat yang membuatku tertarik untuk dikunjungi Bondowoso adalah Kawah Ijen.  Kawah Ijen adalah kolam berwarna hijau tosca yang  berselimut kabut tebal di kawasan pegunungan Ijen. Kolam yang airnya berwarna hijau tosca tersebut terbentuk dari adanya unsur belerang. Memang banyak sekali penambangan belerang di sekitarnya. Konon, cara menambangnya pun masih tradisional dengan menggunakan alat sederhana dan dominan menggunakan tenaga manusia. Di tempat ini kita disuguhi pemandangan para penambang membawa tumpukan belerang, menyusuri tebing yang curam, dan melewati kabut belerang yang tebal.


Penambang belerang tradisional mendaki perbukitan terjal
Gambar dipinjam dari SINI

Kawasan pegunungan Ijen sendiri merupakan pegunungan berapi yang hingga kini masih aktif. Asap putih mengepul dari kawahnya ini menambah elok dan eksotis. Kasawan pegunungan tersebut terdiri dari Kawah Ijen dan dataran tinggi lainnya. Puncak gunungnya pun tinggi menjulang dengan ketinggian 2.443m dari atas permukaan laut. Dari kawasan inilah menyembur asap belerang dari beberapa pertambangan di sana.

Pesona Kawah Ijen tidak hanya sampai di situ. Ada pesona lain yang lebih eksotis. Apa itu? Ternyata dari kawasan Ijen ini kita bisa menyaksikan fenomena "Blue Fire" atau Api Biru. Pesona yang ditampilkan sangat indah ditatap ketika malam dan menjelang pagi. Ternyata sumber api biru itu berasal dari lelehan belerang cair dari dalam pipa yang dibuat oleh para penambang. Saat asap belerang menyembur dari dalam pipa itulah yang menimbulkan sensasi fenomena api biru.



 Pesona "Blue Fire" menyuguhkan pemandangan yang eksotis
Gambar dipinjam dari SINI

Bagaimana Caranya Bisa Sampai di  Kawah Ijen itu?

Peta kawasan Kawah Ijen yang berada diantara perbatasan Bondowoso dengan Banyuwangi
Gambar dipinjam dari SINI

Kawah Ijen atau Gunung Ijen sendiri berada diantara perbatasan Bondowoso (Jawa Tengah) dengan Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur). Menurut referensi yang kubaca, bisa diakses dari arah utara  melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso)., lewat Wonosari ke Paltuding. Waktu yang ditempuh sekitar 2,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 93 kilometer.  Kalau dari arah selatan, bisa dari Banyuwangi menuju Licin, lalu dari Licin menuju Paltuding. Dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer ita bisa sampai di tujuan. 

Gambar dpinjam dari SINI

Untuk menikmati wisata  Kawah Ijen kita bisa mengikuti paket wisata atau secara backpacker. Tapi menurutku lebih baik mengikuti paket wisata saja, mengingat kita belum mengenal kasawan yang akan kita tuju ini. Setelah googling sana sini, aku menemukan jasa paket wisata yang menjual paket Wisata Kawah Ijin. Bisa disimak di SINI informasi mengenai paket wisata tersebut.

Waktu yang disarankan untuk wisata ke Kawah Ijen adalah sekitar bulan April hingga Oktober. Kenapa demikian? Katanya sih, karena periode itu adalah musim kemarau sehingga jalanan sekitar lokasi tidak licin dan aman untuk didaki. 

Karena kawasan pegunungan Ijen ini sangat dingin, ada baiknya sebelum berangkat kita menyiapkan pakaian hangat, topi atau penutup kepala, saputangan, masker penutup hidung, jas hujan bahkan obat-obatan. 

Nah....setelah mengenal pesona Kawah Ijen yang sangat elok, makin menggugah keinginanku untuk segera ke sana. Menabung dan mencari waktu yang tepat untuk cuti, dan.....memulai perjalanan ke sana. 




Referensi:
www.wisatakawahijen.com
www.ilovebondowoso.com/pesona-kawah-ijen
www.eastjava.com/boks/ijen/ina/trave_notes.html
www.liburkeluarga.com/destination/wonosobo-menjanjikan-beragam-objek-wisata

 


Kamis, 17 Juli 2014

Kenapa sih Ngeblog?


Kalau teman-teman ditanya kenapa sih kamu ngeblog? Ya tentunya ingin menjadi blogger dong...hehe... Pasti jawabannya beragam ya karena masing-masing punya alasan. Nah kalau pertanyaan yang sama ditujukan padaku, apa pula jawabanku? Hmm...aku ceritakan ya teman-teman latar belakangku mengapa menjadi blogger.

Tentu saja aku punya alasan kuat sehingga mendorongku negeblog dan kini menjadi seorang blogger. Tepatnya sejak tahun 2009 aku mulai terjun dalam kancah perbloggeran. Awalnya sih karena aku tertarik untuk menuangkan berbagai hasil coretan pena kedalam suatu dokumentasi. Memang aku punya hobi menulis dan berangan-angan menjadi penulis. Tapi angan-angan itu tak selamanya berjalan sesuai dengan harapan. Ada banyak tulisanku yang mental ditolak media. Jika sudah demikian maka aku merasa angan-anganku menjadi penulis kandas di tengah jalan. 

Pernah juga ada sekali dua kali tulisanku dimuat media. Wah...girangnya bukan main. Apalagi saat jerih payahku menulis mendapat imbalan honor. Bila sudah demikian makin menggebu lagi semangat menulis. Hobi tersalurkan dan mendapat apresiasi berupa honor, siapa sih yang tak gembira?

Aku sadar bahwa tulisanku tak mendapat sambutan baik dari media mungkin karena bobotnya kurang menarik. Yah...media mana sih yang tertarik dengan karya penulis pemula seperti aku? Sejak aku mengenal dunia perbloggeran, aku merasa inilah saatnya kebangkitan diriku dalam dunia tulis-menulis. Dengan dibantu oleh seorang saudara, aku dibuatkannya blog sebagai sarana untukku menyalurkan hobi menulis. Maklum, aku ini gaptek dengan IT dan internet, tetapi minatku yang tinggi  mendorongku untuk memiliki sebuah blog. Menurutku, apa yang akan kita tulis bisa kita tuangkan dalam sebuah blog. Karena blog ini sifatnya pribadi, maka tulisan apa saja kan bisa kita tuangkan disini. Jadinya tak bakalan ada yang nolak hasil karya tulisanku, lha wong ini blog milikku sendiri, iya kan? Hehe.....

Nah...kalau teman-teman ingin tahu lebih rinci alasanku ngeblog dan menjadi blogger, aku rinci sebagai berikut:

1. Menjadi blogger menjembatani angan-anganku menjadi seorang penulis agar bisa terealisasi. Dengan rajin menulis dalam blog maka akan melatih otak dan melatih ketrampilan untuk membuat tulisan yang bagus. Aku percaya, dengan rajin menulis maka kualitas tulisan akan semakin baik dan keterampilan menulis akan semakin terasah.

2. Menjadi blogger merupakan terapi hati, dimana kita bisa menuangkan apa saja yang ada dalam benak menjadi sebuah tulisan. Rasanya hati ini enteng banget bila sudah nulis di blog.

3. Menjadi blogger bisa mendapatkan penghasilan tambahan, ini targetku selanjutnya. Ada banyak teman-teman blogger menceritakan tentang hal ini. Dimana banyak blogger yang sukses mendapatkan penghasilan setelah menekuni dunia perbloggeran. 

Lalu, apa saja yang telah aku dapat sejak menjadi seorang blogger? Sebetulnya, kalau secara materi aku belum mendapatkan apa-apa. Karena aku jarang ikut kontes, kompetisi menulis ataupun giveaway. Bahkan aku sempat mandeg menulis di blog hampir satu tahun lamanya. Entahlah, mungkin karena kesibukan di kantor dan saat itu aku melanjutkan sekolah lagi, sehingga menyita waktu. Karena jarang melirik blog membuat ide-ide tulisan pun beku tak tersalurkan. Kini sejal awal 2014 semangat ngeblog bangkit lagi. Itupun karena aku mengikuti giveaway # 1 Hari 1 Ayat yang dibuat oleh mbak Primadhita. Karena aku amat tertarik dengan temanya, maka selama 31 hari setiap hari aku menulis temanya tentang ayat-ayat Alquran. Menurutku, tema ini sangat menarik karena selain mengasah kemampuan menulis juga aku bisa sambil belajar dan memahami isi Alquran. Walaupun tidak menang tapi aku bisa mendapatkan sertifikat karena berhasil membuat tulisan dengan tema tersebut selama satu bulan (31 hari). Makasih nih sebelumnya kepada mbak Primadita, berkat dia aku kembali eksis menulis di blog.

Kini, disela-sela kesibukan pekerjaan, aku menyempatkan menulis di blog. Aku juga mulai rajin mengikuti kontes, kompetisi tulisan, giveaway. Menurutku ajang seperti ini sangat bagus untuk mendorong kita agar membuat suatu tulisan yang bagus. Karena ini adalah ajang kompetisi tentunya ada yang menang dan kalah. Apalagi kalau melihat peserta kontes tersebut diikuti dan didominasi oleh blogger yang punya nama dan jawaranya kontes, kadang hatiku ciut juga. Tapi kalau kita selalu ciut dengan blogger keren yang sudah mumpuni, lalu kapan dong kita bisa eksis?

Nah...berbekal tekad dan semangat itulah maka aku kini mengikuti giveaway dari Ilham Kusumaning. Mudah-mudahan tulisanku ini menjadi salah satu yang terpilih mendapatkan tali asih darinya. (Ini ngarep banget namanya ya, haha...). Ayo...blogger yang lain...sudah ikutkah kalian giveaway yang ini?





http://www.ilhamkusumaning.com/


Senin, 14 Juli 2014

Solusi Hidup Sehat Bersama Pureit Marvella


Siapa sih yang tidak mau dirinya sehat? Tentu dong semua orang pengen sehat, tak terkecuali diriku. Masalahnya, kita sendiri kadang tak peduli bagaimana caranya hidup sehat itu. Mudah diucapkan tetapi belum tentu bisa dilakukan. Menurutku, cara yang paling mudah adalah dengan mengubah gaya hidup, dari tak peduli menjadi peduli kesehatan. Dimulai dari diri sendiri lalu baru kita tularkan kepada orang lain. 

Nah...ngomong-ngomong masalah kesehatan, dengan cara sederhanapun kita bisa sehat. Contohnya nih, dengan mengatur pola makan yang akan dikonsumsi oleh tubuh. Tak hanya makanan lho yang harus layak konsumsi tetapi  air minum pun mesti layak konsumsi juga. Oh ya..? Lha iyalah dong...! Coba ingat-ingat lagi, pernahkah kamu sakit perut lantaran jajan minum es sembarangan? Pasti ada yang ngangkat jarinya. Pengalaman ini pernah terjadi padaku saat SMP. Waktu itu pas usai pelajaran olahraga aku dan teman-teman menyerbu kantin. Apalagi yang dicari kalau bukan minuman. Yah...tepat, kami mencari minuman pelepas dahaga. Sayangnya, minuman yang kami cari bukan minuman kemasan. Segelas es limun menjadi pilihan. Kenapa memilih es limun? Karena harganya murah meriah dan pas di kantong anak sekolahan seperti kami.

Tetapi apa yang terjadi setelah kami minum es limun? Wah...perutku koq mules-mules dan terasa tak nyaman ya? Ini pasti lantaran minum es limun tadi, benakku berkata. Benar tuh, ternyata yang sakit perut bukan hanya diriku seorang tetapi ada juga teman yang lain mules-mules juga.

Kini setelah berkeluarga pun aku juga punya pengalaman dengan air minum yang membuat hidupku agak repot. Kenapa pula nih? Hmm...aku ceritain ya...! Karena pernah punya pengalaman tak enak dengan air minum yang mungkin tak hygienes, akhirnya aku memilih merebus terlebih dahulu airnya sebelum diminum agar layak konsumsi. Menurut pengetahuanku setelah membaca beberapa referensi bahwa dengan cara merebus air maka akan mematikan kuman yang terkandung di dalamnya. Sehingga perut pun terasa nyaman. Bertahun-tahun aku melakukan hal ini demi hidup sehat bersama keluargaku. Tapi cara ini rupanya membelenggu diriku. Ya jelas dong ...bikin repot karena butuh waktu untuk merebus airnya. Belum lagi kita harus menyediakan wadah yang besar dan steril agar terhindar dari kuman. Sehingga begitu kita ingin minum tinggal tuang airnya ke dalam teko.

Kini cara seperti itu sudah tak jaman lagi ya? Selain bikin  repot juga  tak praktis. Suatu hari aku mendapat informasi dari blog detik ternyata saat ini di Indonesia sudah tersedia produk pemurni air berteknologi tinggi. Nama produk pemurni air itu adalah water purifier Pureit Marvella. Setelah membaca lebih lanjut ternyata produk ini sangat praktis untuk digunakan sehari-hari. Bahkan bisa mengubah air PAM menjadi air siap minum. melalui teknologi yang dipakai Pureit Marvella. Wah...ck..ck..ck..., aku berdecak kagum dengan kecanggihan alat pemurni air ini.



Gambar dipinjam dari SINI

Apa itu pemurni air Pureit Marvella?

Aku menyambut gembira saat tahu ada produk pemurni air yang hygenies seperti itu. Hmm...kalau aku memiliki benda itu berarti tak perlu lagi nih repot-repot merebus air di dapur, kembali pikiran itu menari-nari dalam benakku. Lalu aku pun mencari tahu lebih banyak lagi di internet tentang air minum layak konsumsi. Mengapa kita disarankan untuk mengkonsumsi air minum yang sehat? Ternyata memang ada peraturannya lho teman-teman...! Pemerintah melalui Departemen Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 492/MENKES/PES/IV/2010 tentang Standar Air Minum Layak Konsumsi. Begitu besar ya perhatian pemerintah hingga air minum pun ada syaratnya agar layak konsumsi.

Apa saja sih syarat air minum menurut peraturan pemerintah itu?

Air minum yang disarankan dan mendapaat rekomendasi untuk diminum haruslah memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:

1. Jernih dan tidak berwarna
2. Tidak mengandung kuman seperti bakteri E Coli dan Caliform
3. Mineral yang terkandung dalam air tidak boleh berlebihan jumlahnya
4. Tidak mengandung zak kimia seperti radioaktif.


Nah...setelah mengetahui syarat air minum yang layak konsumsi ada baiknya dong kita mengetahui juga fungsi produk pemurni air Pureit Marvella. Selain produk ini bisa mengubah air PAM menjadi air siap minum, benda ini juga memiliki fitur-fitur yang didukung oleh teknologi canggih.

Pureit Marvella   memiliki fitur canggih sebagai berikut:

1. Advance Alert System, dimana alat ini bisa memberi petunjuk 150 liter sebelum GKK habis (estimasi sekitar 15 hari untuk pemakaian 5 orang). Asumsi pemakaian 2 liter/orang/hari.

2. Auto Shut Off, berfungsi untuk menghentikan aliran air ketika lampu UV atau komponen penting lain dalam Pureit Marvella tidak berfungsi.

3. Kapasitas penampungan 4 liter, sebanyak 4 liter air tersedia dan bisa dimanfaatkan bahkan disaat tidak ada listrik.

4. Pengisian Air Otomatis,  sangat praktis sehingga tidak perlu melakukan pengisian ulang.




Gambar dipinjam dari SINI


Lalu, bagaimana sih cara kerja benda ini?

Untuk mendapatkan air yang layak minum agar bisa dikonsumsi dengan aman dan nyaman, Pureit Marvella punya sistem kerja melalui 4 tahap pemurnian, yaitu sebagai berikut:

1. Filter Sedimen, berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang telihat
2. Filter Karbon Aktif, berfungsi untuk menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau
3. Filter Sedimen Plus, berfungsi untuk menghilangkan partikel karbon dan kotoran lainnya
4. Sunar UV Intensitas Tinggi 11 Watt, berfungsi untuk menghilangkan parasit, virus, dan bakteri berbahaya.



Gambar dipinjam dari SINI

Nah...sungguh canggih ya alat pemurni air Pureit Marvella ini? Benar-benar aku dibuat terkesima setelah membaca keterangan akan manfaat dan fungsinya. Harganya berapa ya? Kayaknya mesti segera beli nih agar terlindungi dari bahaya sakit perut seperti yang pernah kualami dulu. Setelah mengecek harganya, olala....ternyata alat pemurni air ini dijual dengan harga 2,5 juta. Lumayan menguras kantong ya? Tapi menurutku untuk menjaga kesehatan tak ada kata mahal kan? Dengan alat canggih seperti itu bisa melindungi tubuh agar sehat lantaran minum air yang layak konsumsi. Tentunya tak ada alasan lagi untuk tidak memiliki benda itu. Kalau membeli barang yang bernilai konsumtif saja kita mampu, lha untuk beli barang yang bisa membuat kita sehat koq mikir-mikir? Ada baiknya mulai saat ini berfikir untuk segera memilikinya ya teman-teman....! Nah....Mulailah menabung dari sekarang demi mendapatkan Pureit Marvella sebagai sahabat hidup sehat  bagi kita semua.


Rujukan:

http://www.lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit
http://www.pureitwater.com/ID/pureit-marvella-uv?utm_source=Facebook&utm_medium=Page+Post&utm_campaign=Marvella
http://www.lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/



Jumat, 11 Juli 2014

Menyiasati si Lapar Mata


Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana setiap umat muslim diwajibkan menjalaninya untuk meraih pahala. Alhamdulillah.... hari ini adalah hari ke-13 aku menjalani puasa dan belum pernah batal. Menurut ulama nih makin kita menjaga keimanan selama berpuasa makin banyak pula godaannya.

Nah...berbicara masalah godaan selama ramadhan ini, kalau dihitung-hitung banyak banget. Bila tak bisa menahan godaan puasa, wah...bukannya pahala didapat namun hanya lapar dan hausnya saja yang diperoleh. Intinya nih kita harus bisa menahan hawa nafsu agar terhindar dari godaan selama puasa. Apa saja sih hawa nafsu yang bisa menggugurkan puasa kita?

Hawa nafsu itu bisa berupa hal semacam ini:

1. Keinginan untuk makan dan minum.
2. Seringkali masih suka bohong, mencela, bahkan memfitnah orang lain.
3. Rasa kantuk tak tertahankan sehingga tubuh kita lesu, pengennya tidur sepanjang hari dan tak produktif.
4. Nafsu syahwat, ini nih yang harus bisa mengatasinya.

Kalau aku sendiri nih alhamdulillah ya....sejauh ini bisa menahan godaan puasa semacam itu. Mungkin karena ibadah puasaku itu diawali dengan NIAT. Setelah usai shalat subuh aku melakukan ritual zikir pagi (dilanjutkan zikir sore sebelum magrib datang). Setelah zikir dilanjutkan membaca Al-Quran. InsyaAllah deh...puasa kita akan dijaga Allah sehingga godaan puasa sepanjang hari bisa diatasi.

Eittt.....masih ada nih yang aku susah banget mengatasinya. Aku termasuk ibu-ibu yang suka lapar mata. Eh...apa sih lapar mata itu maksudnya? Hmm...aku jelasin ya, lapar mata itu saat kita tak bisa membendung keinginan untuk membelanjakan sesuatu. Padahal, sesuatu yang ingin dibeli itu bukan menjadi suatu kebutuhan dan kadang mubazir alias tak bermanfaat.

Contohnya nih..., ketika belanja di pasar bedug aku sering kalap mata saat melihat dagangan untuk berbuka puasa. Saat melihat kolak pisang, aku pengen beli. Begitu pula saat ada yang menjual es buah, aku seringkali tak kuat iman untuk membeli juga. Eh...melihat ada yang jual pempek, makanan wajib orang Palembang, aku pun merogoh saku menukarkan rupiah untuk mendapatkannya. Padahal nih...perutku seringkali tak bisa menampung lagi makanan sebanyak itu. Karena pas datang waktu berbuka yang dimakan adalah kurma, dan segelas teh manis hangat, cukuplah membuat tubuh segar dan kembali berenergi. Ketika menyantap makanan berat seperti nasi dan lauk-pauknya, maka makin kenyanglah perut kita. Makanan yang tadi kubeli di pasar seperti es buah, kolak pisang, pempek, tak lagi menerbitkan selera untuk menyantapnya, karena perut sudah penuh dan kenyang. Jadi makanan tadi kemana dong? Disimpan di kulkas hingga kadang terbuang karena tak bagus lagi untuk dimakan.

Satu lagi nih....aku juga sering lapar mata saat belanja di mal menjelang Lebaran. Apalagi saat melihat pajangan koleksi terbaru, mulai dari baju-baju, mukena, sandal, hingga aksesoris pelengkap. Rasanya gimana gitu....kalau belum memilikinya bisa mimpi sepanjang waktu lho! Pernah suatu kali aku menuruti keinginan si lapar mata, lalu apa yang terjadi? Ternyata barang-barang yang kubeli harganya cukup menguras kantong. Akibatnya, uangku menipis dan anggaran belanja harianpun terganggu. Aku membelanjakan uang berlebihan sehingga mengganggu belanja dapur. Padahal gajian masih lama. Nah...akhirnya aku melewati hari-hari sulit karena tak punya uang lagi sampai saatnya bulan muda datang.

Berkaca dari pengalaman si lapar mata, maka ada baiknya semua keinginan belanja yang ada di benak kita tuangkan dulu dalam sebuah LIST. Buatlah list yang berisi daftar kebutuhan saat ramadhan dan kebutuhan saat Lebaran. Dengan membuat daftar list seperti itu, insyaAllah bisa mengatasi perilaku si Lapar Mata. Dan kebiasaan kalap saat belanja pun bisa terhindarkan, karena kita sudah tahu lebih awal mana kebutuhan yang benar-benar urgent dan bermanfaat.

Nah...itulah kiatku bagaimana mengatasi godaan kalap belanja alias lapar mata. Kalau pengalaman kamu bagaimana, sharring juga dong di Blog Detik...!! Siapa tahu lho dengan berbagi informasi kita bisa mendapatkan rejeki ramadhan dari Blog Detik. Ya Allah....Semoga saja ada rejeki untukku hari ini, aminnn...



Jumat, 04 Juli 2014

Sambal Goreng Tempe Favoritku


Ketika ramadhan tiba biasanya para ibu yang paling sibuk menyiapkan masakan untuk berbuka puasa. Macam-macam deh jenisnya, mulai dari memasak lauk pauk, aneka kue dan kudapan hingga minuman segar. Sama dong dengan diriku, tiap hari maunya menyediakan hidangan yang berbeda.  Nah...kebetulan sekali nih pas bulan puasa kayak gini mbak Diah Didi mengadakan giveaway-nya yang pertama. Harus ikutan dong...! Apalagi pas ngintip resep-resep yang ada di dapurnya ternyata ada favoritku. Bedanya hanya dari pemakaian bahan baku.  Mau tahu resep favoritku ala Diah Didi's Kitchen? Aku kasih tahu bocorannya ya....

Aku paling suka sama resepnya yang ini "Sambal Goreng Tempe." Kenapa aku suka yang ini? Karena bikinnya tidak rumit, bahannya mudah didapat dan tahan lama bila disimpan di kulkas. Kalau versi bikinanku tanpa pemakaian santan dan bumbu dapur. Cukup pakai bawang merah, bawang putih, gula aren, dan garam, lalu tumis dan.....jadi deh..!! 

Ketika ngintip resep ala mbak Diah Didi yang sedikit beda dengan versiku, aku pengen banget mencobanya. Hanya saja tempenya aku goreng sebentar. Lalu aku tambahkan sedikit asam jawa agar citarasanya lebih tajam. Setelah bahan-bahan disiapkan aku langsung ambil kuali, panaskan kompor, masukkan minyak dan tumis bahannya. Masukkan tempe, santan dan ikuti instruksi resepnya hingga selesai. Hmm...aroma wangi daun salam merebak ke seluruh penjuru ruang dapurku. Bikin laper perut nih. Kalau tak ingat sedang berpuasa mungkin aku sudah makan ya saking ngilernya, hehe...(ups! maaf ya pembaca...kalo ngiler juga, tahan...kan masih puasa?). Nah...kalau mau coba resep ini bisa buka linknya di SINI.

Ini nih penampakan "Sambal Goreng Tempe" ala Diah Didi's Kitchen:



Nah...gimana nih para ibu yang lain? Pengen punya selera yang lain juga? Boleh dicari resep-resepnya di Diah Didi's Kitchen sebagai referensinya. Jangan lupa ikutan giveaway-nya juga ya....!!


Segarnya Berbuka Puasa dengan Air Layak Minum

Tak terasa hari ini adalah hari keenam aku puasa ramadhan. Alhamdulillah hingga saat ini aku bisa menunaikan ibadah puasa dengan lancar. Kondisiku tetap prima sehingga aku bisa beraktifitas seperti layaknya hari biasa. Memang tahun ini aku berkomitmen untuk lebih memperhatikan asupan gizi saat puasa. Asupan gizi yang baik itu penting untuk menjaga keseimbangan kondisi tubuh ketika sedang berpuasa. Biasanya kan pola makan kita tiga kali sehali. Karena puasa pola makannya berganti menjadi dua kali sehari dan itu harus ditopang oleh unsur gizi yang cukup.

Nah....selain harus memperhatikan asupan gizi, aku juga banyak minum air putih saat makan sahur. Kenapa harus banyak minum air putih? Ini untuk mencegah dehidrasi dan kekurangan cairan pada siang harinya. Tentu saja saat beraktifitas memerlukan energi dan cairan yang cukup agar kondisi tetap fit. Hmm...apa saja sih kriteria air putih yang layak minum?

Syarat air putih layak minum adalah :
1. Jernih
2. Tidak berwarna
3. Tidak berbau
4. Tidak mengandung bakteri
5. Tidak mengandung campuran yang bisa merusak orhan tubuh seperti seng,atau zat besi yang mengandung
    mineral organik.

Apakah point-point dia atas sudah mereferensi syarat air yang layak untuk diminum? Jawabannya, ya! Kelima syarat di atas harus terpenuhi agar tubuh kita benar-benar sehat. Selain itu untuk lebih menjamin syarat kesehatan ada baiknya air putih direbus dulu. Ini untuk memastikan bahwa bakteri dan unsur-unsur buruk yang terkandung dalam air sudah mati. Sehingga air putih yang diminum adalah air yang benar-benar menyehatkan tubuh.

Satu hal lagi, saat berbuka puasa jangan minum air es ya! Karena dengan minum air es akan mengganggu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Bagi tubuh yang rentan mendapat gangguan, berbuka puasalah dengan minum air yang hangat, seperti teh hangat. Dilanjutkan dengan makan kurma atau sepotong kue, lalu minumlah air putih. InsyaAllah tubuh akan tetap bugar dan sehat selama berpuasa di bulan ramadhan. 


http://www.ngablogburit.blogdetik.com/syarat-ketentuan-